Sep 29, 2016

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Jalar Untuk Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Jalar Untuk Pemula -

Cara Budidaya Ubi Jalar - Masyarakat Indonesia untuk terbiasa mengkonsumsi nasi Sebagai sumber karbohidrat Akan tetapi, terdapat karbohidrat sumber yang lainnya yaitu ubi jalar. Tanaman Bernama yang lain dan ketela Rambat memiliki Bahasa ilmiah Ipomoea batatas L. Merupakan makanan berasal yang yang dari Amerika Selatan memiliki Suhu tropis.

Tumbuhan merambat Sering dibudidayakan berdasarkan cara untuk budidaya ubi jalar dimanfaatkan umbinya daunnya dan yang masih muda untuk dijadikan sayuran.

Untitled

Gambar Tanaman Ubi Jalar

Baca Artikel lainnya

  • Cara Dan Panduan Sederhana Budidaya Bengkoang
  • Panduan Lengkap Budidaya Kacang Tanah
  • Cara Sukses Budidaya Timun Suri

ubi jalar lah yang berwarna merah, ungu dan putih kecoklatan. Tanaman cocok ini dengan tempat di di tanam ketinggian 500 saat ini dapat MDPL namun ditanam di ketinggian 1000 MDPL dengan yang lebih lama waktu budidaya.

Ubi jalar ditanam dapat di tempat dan dengan Suhu Sekitar 21-27oC di daerah tropis dengan curah hujan Sekitar 750-1500 mm / tahun. . Hal tersebut dikarenakan sinar perlu Matahari untuk pertumbuhan Tanaman yaitu Sekitar jam sehari 11-12

Penyiapan Bibit

Untuk menyiapkan bibit ubi jalar, dilakukan dapat dengan cara yaitu 2:

  • Cara generative Jarang dilakukan untuk budidaya ubi jalar dalam skala uang luas namun memperbanyak bibit untuk dalam skala Terbatas yang. Caranya dengan baik dan memilih umbi berkualitas sehat. Umbi pilihan dibiarkan lalu dan di tempat lembab teduh hingga keluar tunas. Tunas tersebut lalu dan dipotong siap ditanam.
  • dengan cara Cara vegetative stek. Indukan Pilih dari Tanaman berumur di atas dengan 2 bulan ruas pendek. Potong batang Sekitar 15-25 cm. Di setiap potongan, setidaknya terdapat 2 ruas batang. Papas daun yang batang dan ikat Telah lalu di stek biarkan di tempat teduh Selama 1 minggu. Cara ini hanya untuk dianjurkan 3-5 kali Penanaman.

Pengolahan Tanah

Untitled

Gambar Untuk Bedengan Penanaman Bibit Ubi Jalar

Tanah untuk yang cocok ditanami adalah tanah yang lempung berpasir, gembur serta MENGANDUNG banyak unsur hara dan yang baik drainase memiliki sistem. Jika ditanam di tanah yang kering dan Retak, Akan membuat imunitas Tanaman menurun sehingga Akan terserang hama dan penyakit. Namun ditanam jika di tempat dan yang becek basah, umbi Akan menjadi kerdil, umbi Mudah Busuk dan bentuk benjol serta kadar serat tinggi.

Tanah untuk yang cocok dijadikan Sebagai lahan Tanaman adalah dengan tanah pH 5.5-7, 5 dan ini dapat Tanaman Tumbuh dengan baik di tegalan sawah. Jika ditanam tegalan di sawah, sebaiknya lakukan saat akhir musim hujan dan di jika ditanam lahan Sawah, lakukan saat musim kemarau. Untuk pengolahan tanah, tidak perlu membutuhkan pupuk yang banyak.

Sebelum melakukan Penanaman, tanah sebaiknya dicangkul dibajak atau untuk menggemburkannya. Buat dengan bedengan tinggi 30-40 cm 60-100 cm dengan Lebar dan Antar jarak bedengan 40-60 cm.

Panjang bedengan tergantung Dari bentuk lahan yang Anda gunakan. Sebaiknya gunakan pupuk Kandang kompos dan atau dengan campurkan pada bedengan takaran 20 ton / hektar. Pupuk Kandang yang bagus untuk digunakan adalah dari pupuk Kandang campuran Kotoran ayam dan kambing atau yang Sapi Telah matang.

Penanaman dan Perawatan

Penanaman dalam cara budidaya ubi jalar dilakukan dengan membenamkan 2/3 Bagian dari stek batang ke tanah. Bedengan Dalam 1, 2 buat dengan jarak baris Tanaman Antar Tanaman dalam baris 1 adalah Sekitar 30 cm dan Antar jarak baris yaitu 40 cm. Untuk 1 hektar, dibutuhkan Sekitar 36 ribu batang. Saat Awal pertumbuhan, lakukan penyiraman pagi sore dan tanah untuk menjaga kelembaban. Penyiraman dapat dihentikan Ketika Tanaman Tumbuh Mulai dengan keluarnya daun ciri baru.

Jika Tanaman ditanam di daerah intensitas dengan hujan sekali dalam minggu 2, Anda tidak perlu melakukan penyiraman terus menerus karena sudah cukup asupan air. Pemeriksaan keseluruhan dilakukan setelah 2-3 minggu Penanaman.

Jika yang terdapat Tanaman Gagal, Segera sulam baru dengan Tanaman. Pembongkaran tanah dengan radius 10 dari Tanaman dilakukan saat berumur 4 minggu akar agar tidak menjalar kemana-mana.

Cara ini juga dengan dapat dilakukan menyiangi gulma. Umur 6-8 minggu, lakukan tutup Kembali tanah dan rapikan akar yang keluar Dari Jalur Penanaman sehingga umbi tidak terlalu besar. Jika tidak ditertibkan, umbi maka akan banyak yang dihasilkan dengan ukuran kecil yang. Waspadai hama dan Tanaman yang dapat mengancam Tanaman ubi jalar Anda sehingga ubi dapat Tumbuh Maksimal.

Untitled

Gambar Ubi Jalar Yang Terserang Penyakit

pemanenan

Setelah melakukan cara budidaya ubi jalar, lakukan pemanenan Ketika ketela Rambat tersebut Telah berumur Sekitar 3.5-4 bulan. Ketika memanen, perhatikan mengenai cuaca saat itu. Hindari pemanenan Ketika musim hujan deras karena Akan membuat umbi membusuk.

Sebaiknya panen dilakukan Maksimal 7 hari hujan setelah terjadi. Budidaya Anda akan dikatakan berhasil jika 1 bibit Tanaman dapat minimum menghasilkan 1 kg ubi jalar total dan dapat lebih dari mencapai 25 ton per hektar bahkan dapat mencapai 30-40 ton / hektar untuk varietas tertentu. . Exit Simpan dan di di tempat karung kering

  • Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Jalar Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Jalar
  • Panduan Singkat Budidaya Tanaman Ubi Jalar Panduan Singkat Budidaya Tanaman Ubi Jalar
  • Panduan dan Cara Budidaya Seledri Organik Dalam Polybag Panduan dan Cara Budidaya Seledri Organik Dalam polybag
  • Cara Budidaya Bayam Organik Yang Efektif Cara Budidaya Bayam Organik Yang Efektif
  • Panduan dan Cara Budidaya Kentang di Dataran Tinggi Panduan dan Cara Budidaya kentang di Dataran Tinggi
  • Cara Budidaya Pepaya Secara Organik Cara Budidaya Pepaya Secara Organik
  • Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Fumayin Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Fumayin
  • Panduan dan Cara Budidaya Bayam Organik Yang Efektif Panduan dan Cara Budidaya Bayam Organik Yang Efektif
  • Panduan Teknis Budidaya Wortel Panduan Teknis Budidaya Wortel
  • Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Untuk Pemula Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Untuk Pemula

Related Posts

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Jalar Untuk Pemula
4/ 5
Oleh